Rambut adalah mahkota yang paling berharga bagi setiap wanita. Oleh karena itu, setiap wanita harus tahu cara merawat rambut dengan baik. Paling tidak para wanita harus tahu bagaimana cara menata rambut agar terlihat lebih indah dan rapi. Namun jika diantara kita tidak tahu cara menata rambut yang benar, alhasil selain tampilan rambut akan terlihat lebih jelek dan mungkin juga akan menghabiskan waktu lebih lama untuk menata rambut.
Nah, berikut ini adalah cara dan tips menata rambut dengan mudah dan cepat agar rambut terlihat lebih indah:
  • Rambut Bergelombang (wave)
Cara menata rambut yang bergelombang adalah dengan mengoleskan krim styling dari akar hingga ujung rambut. Lalu, sisir rambut ke belakang dan ikat hingga berbentuk seperti cepolan. Pastikan ikatan rambut sempurna. Ketika Anda bangun, lepaskan karet rambut dan gunakan jari Anda untuk memisahkan rambut dan menatanya. Jangan gunakan sisir. Rambut Anda pun tampak seperti ditata di salon.
Tips supaya Rambut Bergelombang  jadi lembut dan seksi:
Alat yang dipergunakan antara lain: gel, styling cream,botol semprot berisi air. Anda tidak perlu mencuci rambut yang bergelombang atau keriting untuk merapikan kembali keriting itu. Membasahi rambut dengan menyemprotkan sedikit air dari botol semprot akan mengaktifkan kembali produk pengeriting yang berasal dari hari sebelumnya. Setelah itu gunakan jemari kedua tangan untuk mengurai rambut dengan menyisirkan kedua tangan dari pangkal ke ujung rambut. Setelah rambut 80% kering, ambil sedikit gel dan krim rambut dan letakkan di satu tangan. Campur kedua bahan itu dengan menggosokkan kedua tangan. Pisahkan sekelompok kecil rambut, kemudian lilitkan beberapa kali di jemari tangan dan tahan selama 15 detik. Lakukan hal yang sama pada kelompok-kelompok rambut yang lain sampai selesai semua.
  • Rambut Ikal
Pada jenis rambut yang ikal Anda dapat menggunakan styling rambut yang berbentuk lotion dari akar rambut sampai ke ujungnya. Bagi dua rambut dengan belahan di bagian tengah dan buat kepangan longgar mulai dari bagian atas telinga. Di pagi hari, lepaskan kepangan dan semprotkan hair spray. Jika rambut masih agak basah, menunduklah dan arahkan rambut ke luar lalu keringkan dengan hair dryer.
Rambut ikal secara alami mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, lebih baik jika Anda membiarkan sedikit minyak alami yang diproduksi kulit kepala sebagai kondisioner terbaik. Selain itu, gunakan pula sejumlah produk perawatan rambut yang khusus ditujukan bagi rambut ikal.
  • Shampoo: Coba gunakan produk bebas sulfat yang menghasilkan sedikit busa. Pada awalnya memang akan terasa berbeda, akan tetapi produk ini membersihkan rambut sama efektifnya dengan produk lain yang menghasilkan busa berlimpah.
  • Kondisioner: Setelah membilas bersih sisa-sisa sampo, lanjutkan dengan mengaplikasikan rinse-out/leave-in conditioner. Ketika membilas rambut, jangan membilasnya hingga benar-benar bersih. Sebaiknya, sisakan sedikit kondisioner pada rambut untuk menambahkan berat ekstra dan membuatnya lebih lembut.
  • Gel: Gosokkan sedikit gel ke atas telapak tangan sebelum mengaplikasikannya ke rambut. Jangan menggunakan produk gel secara berlebihan apabila tidak ingin rambut Anda menjadi kaku seperti ijuk.
Gaya rambut ikal dapat dibuat seperti di bawah ini:
Daripada mengacak-ngacak rambut dengan jari sehingga membuat ikal-ikalnya menjadi rusak, lebih baik coba metode berikut ini:
  1. Tangkupkan bagian bawah ikal rambut dengan telapak tangan Anda, dorong ke atas, lalu tekan ketika jari-jari Anda menyentuh kulit kepala.
  2. Gunakan jepit rambut untuk membuat rambut ikal Anda lebih erat atau longgar daripada biasanya. Untuk mendapatkan tatanan rambut yang lebih ketat, lilitkan setiap lembar ikal rambut lembap di jari kelingking, kemudian jepit menggunakan jepit rambut hingga melekat erat di kulit kepala. Setelah rambut kering, lepaskan jepitan.
  3. Sementara itu, untuk tatanan rambut yang lebih longgar, lilitkan rambut pada dua atau tiga jari, lalu jepit. Tunggu hingga rambut kering sebelum melepaskan jepitan. Sementara itu, untuk mendapatkan rambut bergelombang, tunggu sampai ikal rambut Anda kering, kemudian regangkan dan sanggul rambut menjadi lima buntalan kecil di sekitar kepala. Jepit menggunakan jepit kupu-kupu, panaskan dengan diffuser, lalu geraikan rambut.
  • Rambut lurus
Sedangkan untuk menata rambut lurus Anda dapat mengeringkan rambut dengan handuk untuk menghilangkan kelebihan kelembaban, kemudian sisir perlahan. Lalu aplikasikan krim rambut anti frizz. Keesokan paginya, bagai rambut menjadi dua lapisan dan ratakan dengan alat catok. Setelah rambut lurus merata, semprotkan sedikit shine spray, agar rambut terlihat berkilau.
Rambut lurus, panjang dan rapi adalah dambaan para wanita. agar rambut panjang Anda tetap cantik senantiasa, berikut ada beberapa tips untuk anda:
    1. Keramas, lalu keringkan rambut dengan baik.
Tepuk-tepuk perlahan rambut yang masih basah usai keramas hingga lembap. Lalu oleskan krim silikon untuk memberikan kelembapan pada rambut dan menahan supaya rambut liat tidak mencuat keluar.
    1. Keringkan seperti biasa
Agar rambut lurus terlihat rapi, lakukan pengeringan dari arah kulit kepala ke ujung rambut. Ambil sikat rambut, arahkan ujung pengering rambut ke arah bawah. Untuk rambut di bagian belakang kepala, jangan lupa untuk mengeringkan bagian dalamnya dulu. Caranya, ambil sebagian rambut belakang terluar, jepit ke atas, lalu keringkan rambut bagian dalamnya. Setelahnya, baru keringkan bagian yang dijepit tadi.
    1. Catok per seksi
Jika Anda mengeringkan rambut per seksi sedikit demi sedikit, panas dari alat catok akan lebih cepat meresap. Untuk rambut yang lebih tebal atau kasar, gunakan alat catok yang lebih panas.
Agar pengeringan rambut (blow dry) Anda bertahan hingga 3 hari atau lebih, cobalah untuk:
  • Membungkus rambut dengan scarf sutera sebelum beranjak tidur. Gunanya, untuk menjaga agar helaian-helaian rambut tidak melayang.
  • Menggunakan plastik pelindung rambut yang tebal (shower cap) saat akan mandi, bukan yang tipis seperti yang dari hotel.
  • Usai mengeringkan rambut, jangan lupa untuk mengganti mode-nya dengan udara dingin. Gunanya untuk menjaga agar tidak ada rambut yang mencuat keluar.
  • Jangan menggunakan topi atau jepit rambut, karena akan meninggalkan bekas pada rambut.
Selamat Mencoba… :)
*Sumber diperoleh dari berbagai sumber