Posted by : Unknown Sabtu, 09 Maret 2013

Menara Jakarta

Menara Jakarta – Di area Bandar Baru Kemayoran akan di bangung sebuah tower atau menara, namun kali ini bukan menara biasa melainkan menara yng akan menjadi menara tertinggi di DUNIA. Proyek besar ini telah di rencanakan pada masa pemerintahan Presiden Soeharto yaitu digagas sejak tahun 1995. Awalny Menara Jakarta ini akan dibangun di area Kuningan, namun Gubernur DKI Jakarta Soerjadi Soedirdja waktu itu, tidak menyetujuiny dan mengusulkan untuk membangunnya di daerah Kemayoran.
Menara Jakarta
Menara Jakarta ini di putuskan akan setinggi 558 meter dan diperkirakan akan selesai pada tahun 2012 nanti. Otomatis menara ini akan menjadi menara tertinggi di dunia. Hemmm…Indonesia bisa makin membanggakan dong.
Perusahaan-perusahaan desain arsitektur kaliber internasional diundang berpartisipasi dalam sebuah sayembara desain arsitektur untuk pembuatan menara jakarta ini. Ketentuan sayembara tersebut adalah bahwa gedung tersebut harus mengandung lambang Trilogi Pembangunan, Pancasila, dan 17 Agustus (hari kemerdekaan Republik Indonesia).
Menara Jakarta
Fasilitas Menara Jakarta rencananya akan dilengkapi dengan tempat parkir seluas 144.000 meter persegi, Gedung podium setinggi 17 lantai. Lift yang mencapai puncak menara, Restoran berputar (Berputar seperti apa yah :? ), Mal besar, Kafe, Taman hiburan, Museum sejarah Indonesia, Hotel, Ruang serba guna/konferensi yang bisa menampung sepuluh ribu pengunjung. Ruang-ruang perkantoran seluas 8.000 meter persegi, Pusat pameran, Pusat pendidikan dan pelatihan, Pusat multimedia disertai pemancar siaran radio dan televisi, Pusat perdagangan dan bisnis, dan Pusat olah raga.
Diperkirakan, sebanyak 4-6 juta pengunjung setiap tahunnya akan mengunjungi Menara Jakarta. Fakta Lainnya yaitu jika menara jakarta ini selesai dikerjakan tahun 2012, dengan ketinggian 558 meter, menara jakarta akan menjadi bangunan menara (bukan gedung) tertinggi di dunia, mengalahkan ketinggian menara atau gedung yng pernah ada. Seperti: Canadian National Tower (553 meter), Toronto, Kanada, Menara Ostankino (540 meter), Moskwa, Rusia, Oriental Pearl Tower (468 meter), Shanghai, China, dan Menara Kembar Petronas (452 meter), Kuala Lumpur, Malaysia
Setelah melewati seluruh masa pembangunannya, Menara Jakarta akan menjadi gedung tertinggi di belahan bumi bagian selatan. Rekor ini saat ini dipegang oleh gedung residensial Q1 dengan ketinggian 344 meter yang terletak di Surfers Paradise, Gold Coast, Australia. Sebagai pembanding, tinggi Tugu Monas Jakarta hanya 137 meter. Dengan demikian, Menara Jakarta akan memiliki tinggi sekitar 4 kali tinggi Tugu Monas :D .

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © nissa aprilia yudianti - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -